Sabtu, 22 September 2012

Tes Kokologi




Lagi-lagi ada tes. Kali ini tes kokologi. Dan tes ini membuatku histeris dan senyum nggak jelas sambil geleng-geleng kepala saat membaca jawabannya. 

Sebelumnya, kita perlu apa itu tes kokologi. Berikut ini sedikit penjelasannya.

Kokologi adalah suatu permainan untuk mengetahui sifat serta karakter kamu. Ini sangat terkenal di Jepang. Kokologi secara harfiah berasal dari gabungan bahasa jepang (kokoro yang artinya adalah pikiran, semangat, perasaan) dan yunani (logia yang artinya adalah ilmu). Kokologi merupakan sebuah permainan psikologi untuk menyingkap emosi dan tingkah laku seseorang. Fokus utama kokologi adalah menganalisis psikis terdalam seseorang dengan menggabungkan dua teori psikologi kenamaan, Freud dan Jung.

Sumber: http://bimosuper.blogspot.com/2012/08/pengertian-kokologi.html#ixzz27Boxqp8D


Kokologi diciptakan oleh ahli psikologi Jepang. Isamu Saito adalah pencipta ilmu ini. Dia seorang profesor di Universitas Rissho dan Waseda yang terkenal di Jepang. Berikutnya adalah Tadahiko Nagao, pemimpin proyek kokologi yang ditemukan Isamu Saito. Kokologi telah terjual lebih dari empat juta eksemplar di Jepang.
Berikut ini adalah tips agar permainan kokologi menyenangkan (Isamu Saito)

1. Katakan hal pertama yang muncul di kepala anda
2. Mainkan bersama orang lain
3. Jangan berusaha mengira-ngira jawaban
4. Jujurlan dengan diri sendiri
5. Jangan membaca lembar jawaban lebih awal
6. Lihatlah reaksi orang lain (termasuk diri sendiri)
7. Tetaplah berpikiran terbuka
 
Sumber: http://bimosuper.blogspot.com/2012/08/pengertian-kokologi.html#ixzz27BuDYzJV


Oke, siapkan kertas dan pen. Bisa juga memakai gadget sticky note di laptop. Aku pake sticky note laptop. Nah, sekarang jalani semua pertanyaan ini. Jangan ngintip ke bawah agar hasilnya membuatmu histeris dan senyum-senyum nggak jelas.



1. Pertama-tama, tulis angka 1 sampai 11 di kertas secara vertikal (atas ke bawah).

2. Tulis angka yang paling kamu senangi (antara 1-11) di sebelah angka nomor 1 dan 2.

3. Tulis dua nama orang (lawan jenis) yang kamu kenal, masing-masing di nomor 3 dan nomor 7.

4. Tulis tiga nama orang yang kamu kenal di nomor 4, 5, 6. Di sini, kamu boleh menulis nama orang di keluarga, teman, kenalan. Siapapun. Cuma harus yang kamu kenal.

5. Di nomor 8, 9, 10, dan 11, tulis nama judul lagu yang berbeda-beda.

6. Terakhir, tulis apa yang menjadi permohonanmu.




Sudah selesai?
Kalau sudah, silakan lihat jawaban di bawah ini. Tapi pastikan semua sudah terjawab yaaa....



Dan hasilnya adalah.... Jreng, jreeeng!

1. Kamu harus memberitahu ke orang yang kamu tulis di nomor 7 tentang psikotest ini.

2. Orang yang kamu tulis di nomor 3 adalah orang yang kamu cintai.

3. Orang yang kamu tulis di nomor 7 adalah orang yang kamu suka, tetapi bertepuk sebelah tangan.

4. Orang yang kamu tulis di nomor 4 adalah orang yang kamu rasa paling penting bagimu.

5. Orang yang kamu tulis di nomor 5 adalah orang yang paling mengerti tentangmu.

6. Orang yang kamu tulis di nomor 6 adalah orang yang membawa keberuntungan bagimu.

7. Lagu yang kamu tulis di nomor 8 adalah lagu yang ditujukan untuk orang nomor 3.

8. Lagu yang kamu tulis di nomor 9 adalah lagu yang ditujukan untuk orang nomor 7.

9. Lagu yang kamu tulis di nomor 10 adalah lagu yang melukiskan apa yang ada di hatimu.

10. Terakhir, lagu yang kamu tulis di nomor 11 adalah lagu yang melukiskan hidupmu.




Whahaha, bagaimana? Senyum-senyum nggak jelas apa malah tanpa ekspresi?

Berikut ini jawaban tesku. Tapi nama-nama terkait ada yang aku blur untuk menjaga wibawa. Wkwkwk....
*ngakak, sumpah




Klik gambarnya biar kelihatan lebih gedhe.


Ha ha, masa sih begitu? Percaya atau nggak percaya, ada sedikit benar dan salahnya juga. Toh, masing-masing teori punya kelebihan dan kekurangan, kan?

Nah, yang menarik perhatianku adalah keempat lagu yang tertulis. Kenapa? Kenapa empat lagu itu bisa dihubungkan dengan orang di nomor 3 dan 7 serta menggambarkan perasaan saat ini dan melukiskan hidup? Kenapa lagu nomor 8 tidak untuk orang nomor 4, 5, 6, atau 7? Kenapa harus nomor 3? Begitu juga sebaliknya, kenapa lagu nomor 9 tidak untuk orang nomor 4, 5, 6, atau 3? Kenapa harus nomor 7?

Karena penasaran kenapa bisa begitu, aku telaah lagi arti dari empat lagu itu. Tapi tetap saja nggak ketemu kenapa lagu yang ini buat orang itu dan lagu itu buat orang yang ini.

1. Secondhand Serenade - Fix You
Lagu ini menceritakan tentang perasaan terhadap seseorang. Dia bersedia menjadi sesuatu untuk memperbaiki orang yang disukainya ketika rusak. Cermati penggalan lirik bahasa Inggris yang sudah aku terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ini.

Saat kau sudah berusaha sebaik mungkin, tapi kau tidak berhasil
Saat kau mendapatkan apa yang kau inginkan, tapi itu bukan yang kau butuhkan
Saat kau merasa sangat lelah, tapi kau tidak bisa tidur
Terjebak dalam kekalahan
Dan air mata mengalir di wajahmu
Saat kau kehilangan sesuatu yang tidak dapat kau ganti
Saat kau mencintai seseorang, tapi itu sia-sia
Bisakah ini menjadi lebih buruk?
Cahaya akan mengantarmu pulang
Dan membangkitkan tulangmu
Dan aku akan berusaha memperbaikimu

See?
Dia akan berusaha memperbaiki orang yang dicintainya ketika orang itu terjebak dalam kesedihan dan kegagalan. Menurut pendapatku, lagu ini cocok juga untukku dan orang di nomor 3. Tingkat ketepatan 99,98%. He he.... :D


2. Seconhand Serenade - Fall for You
Lagu ini menceritakan tentang ketidakcocokan antara dua orang. Kebiasaan mereka bertengkar. Hubungan menjadi tidak baik. Pada suatu malam, mereka tidak bertengkar. Itu adalah hal terbaik di malam itu karena biasanya mereka bertengkar. Lalu dia bilang bahwa malam itu adalah kesempatannya untuk jatuh cinta kepada orang itu lagi. Ada kata lagi di sana. Berarti sebelumnya dia pernah jatuh cinta tetapi karena sesuatu, dia tidak jatuh cinta lagi. Lalu kesempatan untuk jatuh cinta datang lagi. Dia bilang kepada orang itu agar jangan sampai orang itu mengubah pikirannya lagi, karena orang sepertinya sangat mustahil dicari di dunia ini lagi.

Hal terbaik tentang malam ini adalah bahwa kita tidak bertengkar 
Mungkinkah kita ada dalam keadaan ini sebelumnya?
Aku tahu kau tidak berpikir bahwa aku berusaha
Aku tahu kau memakai (thin) turun pada intinya (yang ini susah ngartiinnya)
Tapi tahan nafasmu
Karena malam ini akan menjadi malam di mana aku akan jatuh untukmu
Lagi
Jangan membuat aku berubah pikiran
Atau aku tidak ingin hidup untuk melihat hari lain 
Aku bersumpah itu benar 
Karena seorang gadis sepertimu tidak mungkin ditemukan lagi 
Kamu tidak mungkin ditemukan lagi (tidak mungkin ada penggantinya)

Hm.... Untuk yang ini bagaimana yak? Ada yang benar dan tidaknya juga.

Yang benar adalah sebagai berikut.
- Oke, aku pernah menyukainya tapi cuma diam saja. Aku pikir ini belum bisa disebut suka. Hanya kagum. Kata kagum lebih tepat. Atau simpatik. Hei, aku tidak akan jatuh cinta semudah itu.
- Oke, setelah itu aku nggak suka lagi. Nggak kagum dan simpatik lagi maksudnya. Eh, tunggu... sekarang masih kagum sih. Tapi rasa kagumnya sudah beda dengan rasa kagum yang awal. Kali ini lebih biasa. Nggak ada setrumnya. Temen lah.... Apapun sikapnya sudah nggak ngefek tuh! Ha ha.... :D
- Oke, ada suatu ketika emang ada sesuatu. Mungkin aku akan kembali mengaguminya lagi. Tapi tampaknya dia cuma diem. Ya mungkin karena emang aku diem-diem aja. Akhirnya nggak ada tindak lanjut. Dibiarin gitu aja. ya wis nggak jadi fall for him. Wkakakak! Selamat deeeh!
- Oke, orang macam dia memang cuma ada satu di dunia ini. Aku baru bertemu orang model dia ya cuma dia saja.

Yang salah adalah sebagai berikut.
- Nggak pernah bertengkar. Temenan baik kok. Nggak pernah berkeinginan saling pukul kok. Wkwkwk....
- Nggak mungkin aku lebay gitu, jatuh cinta sama orang yang belum jelas mau jadi suamiku sampai kayak di lagu itu. Nggak mungkin, nggak mungkin.... Buktinya sekarang udah netral. Nggak mungkin pokoknya.
- Nggak bener, hanya karena dia merubah pikiranku agar tidak jatuh cinta, aku nggak pengen hidup lagi. Depresi gara-gara ditolak sama dia? Enggaaak.... Enggak deh, pliiis.... Nggak bakaaal....


Begitulah lagu Fall for You jika diterapkan ke dalam tes ini. Tingkat kecocokannya 60% lah.... Selanjutnya, lagu di nomor 10.


3. Fiona Fung - Proud of You
Lagu ini lagu ceria. Ada seorang laki-laki yang jatuh cinta sama dia. Karena itu, dia ingin menjadi sosok terbaik dalam dirinya untuk laki-laki itu. Dia ingin laki-laki itu percaya bahwa dia bisa menjadi yang terbaik. Ho ho, yang ini 99,99999% banget. Bahkan lagu ini adalah lagu yang diputar Rahma saat dia menggodaku ketika seseorang memberiku setangkai bunga mawar merah tanggal 11 Oktober 2011. Dia memutarnya ketika kami menikmati sekotak brownies berdua di kamar kos Rahma. Jadi, inilah lagu yang menggambarkan perasaanku sekarang, ya? Tak perlu aku tulis liriknya yaaa.... Cari aja di salah satu postingan blogku.


4. J-Rabbit - Greetings
Lagunya slow, enak didenger. Pertama kali denger, pasti pada mikir kalo itu adalah lagu sedih. Tapi makna lagunya nggak sedih-sedih amat kok. Lagunya bercerita tentang seorang gadis yang menyukai seseorang. Tapi dia nggak tau apakah orang itu juga menyukainya apa tidak. Setiap bertemu, pasti laki-lakinya itu menyapanya, menatapnya, dan tersenyum dengan cerah kepadanya. Tapi suatu hari laki-laki itu menjauh tanpa sebab. Dia mengejarnya. Lalu menanyakan semua....

Hari ini juga, kau menyapaku
Kau melihatku dan tersenyum dengan cerahnya
Sepanjang hari, hatiku selalu dipenuhi oleh pikiran tentangmu
Apa yang harus aku lakukan?
Apakah kau bermimpi mimpi yang sama dengan mimpi yang aku impikan?
Apakah kau mengembara, mencariku juga?
Aku mungkin tidak bisa memutar kembali waktu
Hari ini juga, kau menyapaku
 Kau dengan tenang menyapaku
Tanpa kata, kau berbalik
Sepanjang hari, hatiku selalu dipenuhi oleh pikiran tentangmu
Apa yang harus aku lakukan?
Apakah kau bermimpi mimpi yang sama dengan mimpi yang aku impikan?
Apakah kau mengembara, mencariku juga?
Aku mungkin tidak bisa memutar kembali waktu
Hari ini juga, kau menyapaku
Aku melihatmu menjauh
Kenapa aku melihat mata sedih seperti itu?
Aku berlama-lama untuk sementara waktu dan aku menghadapimu, yang melihatku
Apakah kau bermimpi mimpi yang sama dengan mimpi yang aku impikan?
Apakah kau merasakan hal yang sama seperti apa yang aku rasakan?
Aku mungkin tidak bisa menghentikan waktu
Seperti itu, kita....
Apakah kau bermimpi mimpi yang sama dengan mimpi yang aku impikan?
Apakah kau mengembara, mencariku juga?
Aku mungkin tidak bisa memutar kembali waktu
Hari ini juga, kau menyapaku

Seperti itu, kita.... Ya, memang seperti itulah kita. Benar-benar melukiskan sebuah episode hidupku yang tak bisa aku lupakan sampai detik ini. Meskipun keadaan sekarang tidak seperti itu lagi, tapi aku masih menyimpannya dalam-dalam dan menggenggamnya erat-erat. Aku tidak ingin melepaskannya.





Okeee!
Curhatan selesai. rampung, rampung. Bubaaar....

Tapi masih ada satu yang ngganjel nih! Jadi ceritanya, perlukah aku menunjukkan ini ke pemilik nama orang yang tertulis di nomor 7?





18 komentar:

  1. owalaaah,kirain kokologi itu semacam pelajaran di sekolah mbak wkkw

    BalasHapus
    Balasan

    1. Haha, awalnya aku pikir itu juga semacam ilmu seperti Geologi, Biologi, Botani, Astronomi, dan sebagainya . . .

      Hapus
  2. terima kasih sudah menyebarkan kan artikel saya dengan liinknya,....
    -salam bimosuper.blogspot.com-

    BalasHapus
    Balasan

    1. Yap ^_^
      Kan gak mau plagiat. Ho ho . . .
      Salam kenal.


      Hapus
  3. Lagu "Fix You" itu milik Coldplay, bukan Secondhand Serenade.

    BalasHapus
    Balasan

    1. Iya, itu memang lagunya Coldplay.
      Tapi Secondhand Serenade juga menyanyikan ulang lagu milik Coldplay tersebut. Nah, lagu yang aku dengar versinya Secondhand Serenade, soalnya lebih suka versi Secondhand Serenade.

      ^_^

      Hapus
  4. Boleh dilanjutkan ke blog ku juga kan? Tentunya pake hasil coretanku. ;)
    Anyway, aku juga jadi senyum-senyum sendiri.

    BalasHapus
  5. aku juga jadi senyum senyum sendiri,
    tapi untuk pertanyaan no 3 kayak aku salah dech
    hehe

    BalasHapus
    Balasan


    1. Temen2ku pas melakukan itu juga ada yg salah. Kalo aku perhatikan, kayaknya tergantung tingkat konsentrasi.
      ^_^
      Temenku yang salah2 itu pas di saat permainan ada yg ganggu. Entah itu salah persepsi pahami soal, salah ngurutin nomor jadi horizontal, ada yg lewat, apapun.
      He he . . .

      Hapus
  6. permisi, saya izin copy artikel ini ke blog saya yaa:)

    BalasHapus
  7. Aku baru tau ternyata kokologi tuh kayak gini toh.. :)

    BalasHapus
  8. Aku baru tau ternyata kokologi tuh kayak gini toh.. :)

    BalasHapus
  9. Sumpah gak nyangka bisa pas banget perkiraannya, jadi ketawa sendiri gak jelas deh,, great kokologi

    BalasHapus
  10. ahahaa...
    teranyata ini bagian dari tes kokologi juga y...

    lagu2 secondhand emang mantap2...
    :)

    BalasHapus
  11. ya ampun, aku sama temenku ngakak ngakak setelah tes ini XD
    bikin ngakak, bener bangeeeeeet~~ sekaligus bikin malu XD

    BalasHapus

Wanna give your comment? Write down here. Thank you. ^_^